Sunday, October 04, 2009

Pingin Sekolah lagi di UK!

UK ato United Kingdom, atau biasa orang jawa nyebutnya Londo..!, siapa sih ga kenal negara inggris ini ?, negara tempat shootingnya si kocak "Mr.Bean" dikenal sebagai negara cikal bakalnya sepakbola dan mempunyai liga sepakbola terbaik di dunia, membuat saya terpincut untuk (berangan-angan) kembali menimba ilmu tentang "art and design" dan juga pastinya mencicipi the real "english tea" hehhehe..

nah apakah alasan saya sebenarnya sehingga begitu kepinginnya saya mau sekolah di UK? :

1. RCA ( Royal College of Art )



YA! sebenernya ini sih alasan utama yang bikin saya kesengsem dan tertarik banget supaya bisa sekolah di UK, dari dulu sejak kuliah S1 saya udah banyak baca tentang Institusi ini, mulai dari hasil riset-risetnya sampai dengan portfolio para lulusannya. Hmm, sebenarnya ada juga keinginan dari dalam diri saya supaya dapat mengenyam kuliah di universitas top seperti Oxford, Stanford tapi apa daya kayaknya kemampuan otak saya ga sampe deh kalo kesana :)hehehe..... RCA ini adalah sebagai satu-satunya di sekolah di dunia sebagai "Wholly postgraduate Institution" yang mengkhususkan diri pada dunia akademis,riset dan kolaburasi di dunia seni dan desain, ga heran kalau RCA banyak diincar oleh para desainer di seluruh dunia, RCA juga terkenal dengan sekolahnya para desainer top kelas dunia seperti Ian Callum sang design directornya mobil jaguar ato Christopher Bailey sang creative directornya Burberry.
Selain itu, sekolah ini pada tahun 196o menjadi pelopor tumbuhnya aliran pop art di dunia desain, oleh karena alasan ini semua, saya sebagai seorang desainer grafis kepingin banget bisa menimba ilmu sebanyak-banyak dari sekolah ini dan dapat mengaplikasikannya di negara kita, negara Indonesia tercinta, agar saya sebagai anak bangsa dapat membawa Indonesia lebih maju dari saat ini khususnya di dunia seni dan desain..Amin :)

2. Wallace and Gromit :)



Wallace and gromit adalah salah satu film kartun animasi favorit saya sejak kecil, sejak dulu kagum dengan bagaimana karakter ini dibuat, karna bentuk dan texturenya ga kaya film kartun seperti mickey mouse, donald duck, doraemon..wallace and gormit mempunyai texture tanah liat, nah pas waktu kuliah s1, saya ternyata baru tau kalo yang bikin film wallace and gromit ini adalah studio animasi inggris, tepatnya di kota bristol yang bernama Aardman, rasa kagum saya mulai bertambah ketika studio aardman membikin film animasi berjudul "chicken run" dan "flushed away"...wow!, begitu kagum saya sama studio ini, mereka menggunakan bahan dasar tanah liat untuk membangun semua karakter di film ini agar tampak hidup, dan mereka juga menggunakan teknik "stop motion", dimana semua frame difoto satu-persatu kemudian digabungkan agar menjadi sebuah suguhan tontonan yang menarik...keren pisan deh pokoknya :)





mulai saat itu saya berangan-angan bisa bekerja dan berkarya di studio ini...,nah jika ada kesempatan bisa sekolah di inggris,saya pingin banget bisa sekalian nyoba internship di aardman studio, supaya bisa curi-curi ilmu dari para animator dan filmaker yang kerja disana :), siapa tau suatu saat bisa bikin studio animasi berkelas dunia di Indonesia...:) Amin sekali lagi

ini beberapa seniman aardman sedang bekerja..kayaknya asyik banget kan kerjaanya ?






3. London 2012


Olympic games 2012 akan segera diadakan di kota London, Inggris. Rasanya ga sabar pingin ngeliat gimana rasanya berada di kota yang akan menghelat gelaran olympiade, tapi sebenarnya yang bikin saya penasaran adalah logonya! ya desain logo kali ini benar-benar berbeda dengan logo olympiade yang sebelum-belumnya dimana rata-rata mereka menggunakan warna merah,kuning,orange,hijau dan hitam, tapi kali ini logonya benar-benar "breakthrough", walaupun banyak pro dan kontra tentang logo yang didesain oleh sebuah perusahaan brand wolf ollins, logo ini seolah-olah ingin menyampaikan pesan bahwa london ingin menampilkan suatu yang berbeda pada olympiade kali ini. Di tahun 2000 saya mendapatkan kesempatan untuk "internship" untuk terbang ke sydney, Australia dan bekerja di olympics.com selama satu bulan penuh, dan waktu itu saya merasakan atmosphere "WOW" di kota Sydney, saya sangat kagum bagaimana kota Sydney sebagai tuan rumah menggelar event olympiade. Oleh karena itu saya ingin sekali merasakan atmosphere itu kembali, bukan hanya untuk menonton olympiade tapi ingin juga mempelajari bagaimana aplikasi desain grafis yang akan digunakan selama perhelatan akbar ini, pasti keren-keren..jadi jika suatu saat nanti Jakarta bisa menjadi tuan rumah olympiade 2024, saya sudah siap untuk membantu :)..hehehe Amin lagi...


contoh beberapa aplikasi desain grafis sebagi penunjang citra london sebagai penyelenggara Olympiade

4. One Dot Zero


Ini adalah salah satu event yang gak mungkin saya lewatkan jika saya punya kesempatan bisa bersekolah (lagi) di UK, One Dot Zero adalah festival tentang "adventures in moving image" , menampilkan karya-karya animasi dan short film di dunia yang menggunakan teknik digital, oleh karna pekerjaan saya sekarang adalah motion artist untuk sebuah broadcasting company di Indonesia, event ini dapat memperkaya pengetahuan saya tentang ilmu dan trend tentang motion graphics design.


beberapa contoh karya yang ditampilkan pada event One Dot Zero

5. "Theatre of Dream" dan "Real English Tea"


well, every Boy's dream.."Theatre of Dream" Old Trafford. Adalah sebuah impian terbesar saya untuk mengunjungi dan melihat langsung tim bola favorit saya Manchester United berlaga :), menyaksikan Sir alex ferguson, Ryan Gigs, Michael Owen, Wayne Rooney dan kawan-kawan sudah termasuk dalam daftar "Things To Do before Die"-nya saya..hehehe

dan ini yang terakhir alasan saya untuk bisa sekolah (lagi) di Inggris yaitu " The Real English Tea"..hehe, karna saya termasuk orang yang menggemari minumah teh, dan teh juga termasuk menjadi kegemaran orang Inggris...sudah terbayang di benak saya bagaimana nikmatnya minum english tea ditemani oleh roti bakar pada saat sarapan pagi, yummy....:)

inilah beberapa alasan mengapa saya ingin sekolah(lagi) di Inggris. Inggris sebagai negara maju adalah negara yang patut dicontoh dan dipelajari bagi anak bangsa seperti saya agar dapat membawa Indonesia sebagai salah satu negara maju di tahun 2030 (Visi Indonesia Forum 2030)...Amin.


Catatan :
Tulisan ini diikut sertakan dalam kompetisi blog yang diadakan oleh British Council Indonesia

1 comment:

elm said...

saya juga mau :D
------
jika Anda membutuhkan info tentang kampus STMIK silahkan klik website kami di http://jak-stik.ac.id