Wednesday, August 10, 2011

Travelling Ke China ala Backpackers Day 3

Day 3 : Beijing


bangun pagi2, ngerasa kaki pegel banget..maklumlah di jakarta kita ga terbiasa untuk jalan kaki jauh hehehe..:), hari ini rencana kita adalah mengunjungi : Summer Palace, beijing Zoo, dan Xidan area.

ohiya sebelum cerita lebih lanjut ttg perjalanan gw di hari ke tiga ini, gw mau cerita dikit tentang kota beijing. kota beijing adalah kota yang sangat modern dan cantik, jauh lebih modern dari jakarta ( ya iyalah hehehe), kotanya bersih dan pemerintahnya serius banget untuk menata kota ini dan juga memerangi polusi (ini gara2 pada tahun 2008 saat mereka menjadi host olympics mereka diminta untuk mengurangi polusi kota). disini ga ada lagi motor yang pake bensin, semuanya pake tenaga listrik/batere jadi ga ada suara knalpot nyempreng ala rx king :P, dan juga busnya pake tenaga listrik. subwaynya rapi..tapi jalan naik turun tangga subwaynya bikin kaki gempor (hehe, maklum lah )..dan satu lagi yang bikin gw heran adalah, kota semodern ini jarang bgt yang bisa bahasa inggris :(..

oke, tujuan pertama kita hari ini adalah summer palace, yaitu tempat dimana raja2 cina jaman dulu menghabiskan waktu musim panasnya, untuk sampe ketempat ini gampang banget naik aja subway line 4 kemudian turun di Beigongmen Station, tinggal jalan dikit sampe di tempatnya..disini ga usah beli tiket yang terusan, kecuali emang mau explore semua tempat..cukup bayar 30 Yuan/pax, udah boleh masuk tempatnya.

sekilas tentang summer palace, istana musim panas ini dibangun menghadap sebuah danau buatan yang luasnya 300 hektar. Menurut kepercayaan orang China membangun rumah atau istanah yang “peng sui” baik itu harus menghadap ke laut, sungai atau danau. Selain itu akan lebih bagus kalau di belakangnya ada gunung yang tinggi. Maka Kaisar Qing membuat sebuah danau buatan yang luasnya 300 hektar, kemudian hasil galian danau ini di buat menjadi gunung yang tinggi di sebelah barat danau. Diantara danau dan gunung buatan inilah dibangun istanah musim panas menghadap ke danau untuk ibunya atau ibu Suri.Di tengah danau ini, ada sebuah pulau yang menurut orang China hidup seekor ular naga raksasa yang dipercayai sebagai dewa penolong banjir.

Sepanjang naga ini masih berada di pulau itu, maka keluarga Kaisar dan rakyat China merasa aman, karena tidak akan dilanda banjir atau bahaya apapun dari bencana alam.




Summer palace


Add caption

saran saya disini adalah, enjoy, take a slow walk (soalnya jalanya naik turun, bukit2 gitu), dan foto sebanyak-banyaknya soalnya tempatnya indaaah banget, kaya di dongeng2 cina jaman dulu gitu deh.

Disini kaki saya sempet bermasalah, maklum lah ternyata saya tak semuda dulu hehe :), dikit2 harus istirahat ngelurusin kaki, takut keram :P..alhasil kita disini ngabisin waktu sekitar 4-5 jam deh hehe :)..alhasil dari summer palace gw memutuskan ga mampir ke beijing zoo (padahal subwaynya ngelewatin ) tp langsung aja ke xidan (daerah perbelanjaan di beijing) :).

Xidan adalah salah satu tempat modernnya beijing, dengan mall yang jual2 brand terkenal, dan yang menarik disini adalah kelakuan orang beijing di Apple Store :), ternyata lebih norak dari orang2 jakarta..hehe, disana setiap orang dengan cueknya main game di Ipad sampe berjam-jam dengan hanya menggunakan baju singlet...hahaha.


suasana di daerah Xidan
Apple Store


Duduk2 disini okee banget
Zara
Mushrom Fried Rice..yummy


Next : Day 4

No comments: